Kamis, 01 Maret 2012

Bahasa Inggris Dalam Sekolah Bertaraf International (RSBI)

Salah satu keunggulan RSBI adalah pengantar pada saat pelajaran menggunakan 2 bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, akan tetapi lebih mengutamakan Bahasa Inggris. Barangkali ide dari sistem pembelajaran tersebut patut untuk dicontoh. Akan tetapi, apakah hanya menjadi sebatas kemampuan berbahasa saja yang di unggulkan?
Program dari menggunakan bahasa asing tersebut menjadi kebanggan kita tersendiri untuk para murid. tapi apa kabar dengan sekolah yang bertaraf nasional saja? Mungkin mereka tidak sepenuhnya untuk menggunakan bahasa asing dalam sistem pendidikan, melainkan bahasa lokal. Ada sisi positif dan sisi negatif tersendiri dalam penggunaan bahasa Inggris dalam sistem pebelajaran saat ini khususnya seperti saya yang menjadi murid sekolah bertaraf imternasional yang  berada di sekolah kejuruan pariwisata.
Dilihat dari sisi positifnya yakni, pada era globalisasi saat ini, di zaman terus maju, teknologi semakin canggih yang kita semua juga tahu bahwa bahasa Internasional adalah Bahsa Inggris. Tentu saja guru ataupun orang tua akan menjadi bangga apabila kita dapat berbicara dalam bahasa Inggris, lalu mendapatkan nilai delapan dalam rapot semester kita karena itu suatu kemajuan dari sekarang untuk masa depan kita yang pastinya akan penuh persaingan mengingat akan ada perdagangan manusia pada sekitar tahun 2014.
Tapi yang menjadi ada sedikit kendala bagi saya adalah, kenapa siswa siswi justru harus dituntut untuk dapat berkomunikasi Bahasa Inggris yang dikarenakan Sekolah Bertaraf International sedangkan bahasa Indonesia begitu saja diremehkan? berbeda jauh kalau kita mendapatkan nilai sembilan pada pelajaran bahasa daerah misalnya, orang tua ataupun guru pasti menilai biasa saja?! ini membuktikan bahwa kita lebih bangga dengan bahasa asing daripada bahasa kita sendiri yang sudah pasti jati diri bangsa kita. tidaka ada salahnya kita pandai dalam berbahasa Inggris, tapi alangkah baiknya kalau kita juga terus melestarikan bahasa daerah yang siapa tahu menjadi daya tarik tersendiri bagi negara lain tentang keanekaragaman negri kita tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar